Social Icons

Sunday, November 3, 2019

Petualangan Kapal Pesiar MS Artania di Indonesia

Sebagai negara kepulauan dengan banyak destinasi wisata, tentu banyak kapal pesiar yang berkunjung ke area ini. Salah satu kapal pesiar yang menjadi langganan datang ke Indonesia adalah Kapal Pesiar MS Artania. Kapal yang satu ini sering berkunjung dan memang selalu masuk paling tidak satu pelabuhan wisata yang mungkin tidak dipandang secara internasional. Nama tempat seperti Bali ataupun Pulau Komodo tentu sering jadi target kunjungan, tapi kapal yang satu ini sering memilih tempat yang tidak umum dikunjungi.

Kapal ini pertama kali tercatat mengunjungi tempat yang niche di Indonesia adalah pada tahun 2014. Tempat yang dikunjungi adalah Sabang. Kehadiran kedua dari kapal ini di Indonesia adalah pada tahun 2016 di Ambon dan Sabang. Untuk kedatangan yang terakhir baru tercatat pada daerah Ambon pada tahun 2018 lalu. Kedatangan lain tentu ada di area – area yang sudah lama populer. Tempat seperti Bali, Lombok, Surabaya, Semarang dan Jakarta tentu pernah dikunjungi kapal ini selama di Indonesia, tapi di sini note yang diambil adalah tempat – tempat niche.
Pada saat pertama kali datang di Ambon pada tahun 2016, kedatangan kapal ini bahkan disambut dengan arak – arak penari dan ucapan dari pemerintahan lokal daerah Ambon. Sambutan ini tentu menjadi hal spesial bagi para wisatawan yang datang dari kapal pesiar. Besarnya rombongan yang turun juga membuat banyak tempat wisata menjadi tempat yang ramai.
Di Sabang, hal ini juga dilakukan pada saat kedatangan pertama pada 2014. Tapi karena kepulauan ini lebih menawarkan wisata alam dan bukan budaya, penyambutan hanya dengan upacara singkat dengan sambutan pemerintah daerah di situ.
Nah, dari jumlah yang diperhitungkan, jumlah kapal pesiar yang datang ke Indonesia semakin meningkat dari tahun 2014 sampai pada 2018 lalu. Namun pada catatan ini juga didapat bahwa yang didatangi oleh kapal pesiar tersebut hanyalah tempat yang populer saja.
Kapal Pesiar MS Artania adalah pengecualian. Petualangan kapal ini di Indonesia tentu tetap mengunjungi tempat populer, tapi setiap beberapa tahun sekali, daerah niche juga didatangi. Jika makin banyak kapal pesiar melakukan hal ini, tentu saja banyak tempat yang bisa dikenalkan pada dunia melalui kunjungan ini.
Indonesia memiliki banyak tempat yang menarik, sayang sekali hal ini tidak mendapatkan perhatian Internasional. Pemerintah sudah mengusahakan perbaikan fasilitas untuk keperluan pariwisata pesiar ini. Hal seperti pelabuhan yang diperbaiki, fasilitas wisata yang lebih baik, konservasi tempat wisata dan juga layanan para petugas di situ semuanya sudah diusahakan meningkat.
Tentu petualangan Kapal Pesiar MS Artania  di Indonesia pasti akan ada lagi kedepannya. Semoga tempat niche berikutnya yang dicoba dapat memberikan sensasi baik bagi para pelancong dan membuat banyak kapal pesiar lain mencoba trick kunjungan area niche ini!

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates