Social Icons

Saturday, November 9, 2019

Berbagai Acara dan Perhelatan di Sabang Guna Memikat Wisatawan

Guna menarik wisatawan, pemerintah Sabang telah mengupayakan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan menyelenggarakan beragam kegiatan atau perhelatan pariwisata sehingga para pelancong dari domestik maupun mancanegara semakin tertarik berkunjung ke Provinsi Aceh, terkhusus ke wilayah wisata Sabang. Sebagai informasi tambahan, berikut ini kami sajikan beberapa perhelatan yang diadakan di Sabang.
•        Festival Khanduri Laot Sabang
Festival Khanduri Laot Sabang  merupakan sebuah perhelatan atau agenda tahunan pemerintah Sabang. Pemerintah dan segenap masyarakat kota Sabang mengadakan acara ini dalam rangka mempromosikan industri wisata bahari di pulau Sabang. Tidak hanya sekedar meningkatkan wisatawan, agenda Khanduri Laot Sabang juga dijadikan ajang melestarikan berbagai masakan tradisional khas Aceh, seperti memperkenalkan kuah beulangong kepada wisatawan. Kegiatan acara juga menampilkan sejumlah atraksi seni budaya khas masyarakat pesisir Sabang, seperti atraksi adat melaut, lomba kayuh perahu naga, lomba memancing tradisional dan lainnya. Acara akan dilanjutkan dengan pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim.
•        Festival Sabang Fair
Tidak hanya festival Khanduri Laot Sabang saja, perhelatan yang tidak kalah keren dan selalu ditunggu pengunjung di Sabang ialah Sabang Fair. Agenda ini ialah kegiatan festival seni dan budaya Sabang yang biasanya akan diadakan di Pulau Weh. Biasanya acara akan berlangsung sekitar seminggu dengan ragam atraksi dan pameran menyenangkan. Ada beragam kompetisi serta pertunjukan seni yang bisa Anda nikmati lho, seperti tarian kontemporer, musikalisasi, musik etnik hingga komedi tradisional yang diikuti oleh seluruh kabupaten yang ada di Aceh. Menariknya, Sabang Fair juga diikuti oleh delegasi dari beberapa negara tetangga lho.
•        Sabang Marine Festival
Sabang Marine merupakan sebuah festival tahunan yang rutin diadakan sejak tahun 2015 silam. Pegelaran tahunan ini melibatkan internasional lho, jadi Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana kemeriahan acaranya nanti. Festival Sabang Marine biasanya diadakan di Pulau Weh, Kota Sabang dengan tujuan mempromosikan Sabang sebagai salah satu destinasi wisata bahari level dunia. Para pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah kapal layar  dari berbagai negara yang hadir untuk memeriahkan acara Sabang Marine. Selain menikmati pameran kapal layar, pengunjung juga akan diajak untuk menikmati panorama keindahan bahari Sabang hingga berinteraksi langsung dengan ragam budaya menarik di Sabang.
•        Sail Sabang
Selanjutnya ada sebuah event bahari tahunan Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan Sail Sabang. Sail Sabang ialah puncak acara bahari untuk membuka jendela wisata Indonesia kepada dunia, tidak terkecuali destinasi wisata di Pulau Sabang. Selain mempromosikan Sabang ke pada wisatawan, rangkaian acara ini juga ditujukan untuk menarik para investor sehingga bisa bersama-sama membangun kota Sabang menjadi  lebih baik lagi. Sail Sabang juga termasuk salah satu acara paling besar dari sembilan kegiatan lainnya yang diselenggarakan di Sabang.
•        Sabang Jazz Festival
Dari sekian banyak perhelatan besar yang dilangsungkan di Sabang, Sabang Jazz Festival merupakan salah satu agenda tahunan yang paling ditungu-tunggu wisatawan. Ini termasuk perhelatan yang mengusung konsep City Wal, di mana para pengunjung bebas menikmati sajian musik sambil berjalan santai di jalanan kota Sabang. Tidak hanya menyajikan pertunjukan musik jazz, festival ini pada dasarnya ajang kompetisi jazz dengan hadiah hingga puluhan juta.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates