Social Icons

Thursday, August 7, 2014

Yuk, Berwisata Kuliner Di Sabang!

Siapa yang tak kenal dengan Sabang? Kota yang terletak di Pulau Weh, Aceh, Indonesia ini merupakan zona ekonomi Indonesia, sekaligus titik paling utara di Indonesia. Kota Sabang memiliki bentuk berupa kepulauan di seberang utara Sumatera, dengan pulau Weh sebagai pulau terbesarnya. Kebanyakan orang mengenal Sabang sebagai kota dengan pemandangan pantai dan beragam wisata bahari yang mengagumkan. Namun ternyata, selain memiliki obyek wisata alam yang indah, Sabang juga memiliki beragam jenis kuliner yang menggugah selera lho.
Bagi anda yang berniat untuk berwisata ke Sabang, rasanya sayang apabila anda tidak mencicipi kulinernya. Penasaran? Di bawah ini, kami akan memberikan dua macam kuliner Sabang yang wajib anda coba selama berwisata di sana!
Sate Gurita Ajo Minang Tanjung
Kuliner Sabang yang satu ini memiliki penampilan tak jauh berbeda dengan sate ayam atau kambing pada umumnya. Hanya saja, yang membedakannya adalah bahan utamanya, yakni gurita. Sate gurita ini umumnya dipadu dengan kuah bumbu ala sate Padang atau bumbu kacang ala sate di Madura. Untuk mencicipi sate gurita yang lezat, anda bisa mengunjungi gerai sate Ajo Minang Tanjung. Gerai sate ini merupakan salah satu andalan kuliner Sabangsebab gerai ini dapat memasak sate gurita yang kenyal dan gurih, bahkan tanpa harus diberi bumbu. Menurut pengakuan pemiliknya, tak ada resep rahasia khusus yang diberikan untuk memasak sate tersebut, hanya saja sebelum disate, gurita harus direbus hingga dua jam lamanya. Untuk menambahkan cita rasa cukup menambah bumbu yang diracik dari bawang merah, bawang putih dan cabe. Setelah gurita dipotong-potong barulah ditambahkan kunyit sebagai pewarna tambahan agar daging gurita tidak terlalu pucat. Gerai Sate Ajo yang terletak di depan pelabuhan kota Sabang ini merupakan salah satu restoran sate gurita yang paling digemari oleh para wisatawan. Tak hanya wisatawan dari luar pulau Weh saja yang menggemari sate ini, ada juga penduduk asli pulau Weh yang datang jauh-jauh ke kota Sabang hanya untuk menikmati sate Ajo saja.
Mie Jalak
Jika anda sedang berada di kota Sabang, satu lagi kulinernya yang wajib anda coba adalah mie jalak. Mie yang memiliki penampilan hampir serupa dengan mie godog jawa ini merupakan ciri khas dari kulinerSabangMie ini disajikan dengan kuah yang bening serta mie yang halus. Untuk menambah cita rasa, olahan daging ikan yang dipotong dengan bentuk dadu dibubuhkan di atas mienya, tak lupa dengan telur setengah matang. Jika anda termasuk penggemar makanan pedas, anda bisa menambahkan saos cabe rawit ke dalamnya. Di kota Sabang, mie jalak ini hanya bisa anda nikmati di toko Pulau Baru, yang berlokasi di jalan Perdagangan Kota Sabang. Untuk masalah harga, tidak usah pusing, karena mie dengan cita rasa yang gurih dan menyegarkan ini bisa anda nikmati cukup dengan harga 12 ribu rupiah saja, itupun anda sudah mendapatkannya lengkap dengan tambahan telur setengah matang. Umumnya, mie ini disantap berbarengan dengan es teh manis sebagai penyegar tenggorokan

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates