Social Icons

Thursday, August 14, 2014

Taman Laut Pulau Rubiah Sebagai Salah Satu Tujuan Wisata Bahari di Sabang

Bagi Anda yang  menyukai tantangan dalam dunia travelling,  mungkin ada satu tempat yang belum sempat Anda jelajahi, yaitu Sabang. Yah, Sabang memang tempat yang sangat pas untuk Anda yang memiliki jiwa travelling tinggi. Saat ini memang banyak yang hanya mengenal Sabang sebagai salah satu wilayah Provinsi Aceh yang menjadi batas ujung barat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu bahwa Sabang memiliki banyak potensi, khususnya di bidang pariwisata laut.
Sabang sebagai salah satu tempat wisata bahari yang mengagumkan
Jika ingin berlibur, salah satu tema wisata yang menarik adalah dengan melakukan wisata bahari. Banyak dari kita yang lebih memilih berkunjung ke wilayah Indonesia bagian tengah seperti Sulawesi Utara yang terkenal memiliki Taman Laut Bunaken yang indah, atau memilih menuju Indonesia bagian Timur yang memiliki Taman Laut Komodo yang sudah terkenal hingga luar negeri. Namun, bagi Anda yang memiliki jiwa travelling tinggi, Sabang bisa jadi merupakan tempat yang selama ini Anda nantikan. Sabang juga memiliki pesona wisata bahari yang tidak kalah indahnya dengan tempat – tempat lainnya di Indonesia.
Taman Laut Pulau Rubiah sebagai surga taman laut para wisatawan
Salah satu lokasi yang biasa Anda tuju untuk memanjakan liburan Anda adalah dengan mengunjungi Pulau Rubiah. Disana terdapat Taman Laut Pulau Rubiah yang sangat indah dan masih sangat alami dengan beraneka ragam makhluk laut yang mempesona. Disana Anda bias melakukan snorkeling dengan menikmati pemandangan indah bawah laut yang menakjubkan. Yang tak kalah menakjubkan, anda yang takut menyelam juga bias melihat pemandangan bawah laut dari atas air sampai dengan kedalaman 15 meter, menakjubkan bukan? Jadi walaupun tidak ikut menyelam, liburan anda tidak akan sia-sia. Selain itu, di Pulau Rubiah juga terdapat tempat untuk transplantasi karang di bawah laut yang  dapat melengkapi perjalanan wisata Anda. Tempat transplantasi kerang merupakan tempat pembibitan batu karang yang dilakukan oleh beberapa pihak atau lembaga. Karena letaknya di dasar laut, jika ingin menikmatinya, anda bias melihatnya saat melakukan snorkeling.
Pulau Rubiah sendiri memang bukanlah pulau yang berpenghuni, namun sudah banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung dan berlibur disana. Jadi, walaupun Pulau Rubiah bukanlah pulau berpenghuni, bukan berarti tidak ada orang sama sekali dan sangat sepi. Banyak penjual yang menjajakan barang dagangannya seperti minuman, makanan, maupun cinderamata untuk para pengunjung.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Rubiah, dari Banda Aceh, pertama kali yang harus anda lakukan adalah menuju Pelabuhan Balohan yang merupakan pelabuhan penghubung kota Banda Aceh dengan Pulau Weh. Sampai di Pelabuhan Balohan anda dapat menaiki mini bus atau sarana transportasi lainnya untuk menuju Pantai Iboih. Jarak antara Pelabuhan Balohan sampai Pantai Iboih memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah sampai di Pantai Iboih, anda bisa menyewa boat untuk menyeberang ke Pulau Rubiah yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Di tengah perjalanan, anda tidak akan bosan karena di dalam perahu boat anda juga bisa menikmati pemandangan di bawah laut yang telah dirancang oleh pemilik boat.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates