Social Icons

Wednesday, August 13, 2014

Mengenal Sabang Lebih Dekat Sebagai Tujuan Wisata Indonesia

“Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau – pulau. Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia”? Masihkan anda ingat lirik lagu diatas? Nah, itu adalah beberapa penggalan dari salah satu lagu kebangsaan kita yang berjudul “Dari Sabang Sampai Merauke”. Yah, Sabang dan Merauke memang merupakan ujung barat dan ujung timur wilayah Indonesia. Kedua wilayah ini memang memiliki nilai istimewa tersendiri bagi Indonesia. Oleh karenanya, tidak heran jika Bapak R. Suharjo memilihnya sebagai salah satu tema lagu wajib nasional kita yang ia ciptakan untuk menghargai kemerdekaan dan kebaradaan Indonesia, negara kita tercinta.
Sabang merupakan wilayah istimewa di Indonesia Bagian Barat
Berbicara tentang Sabang, pasti masih banyak dari anda yang belum begitu mengenalnya secara lebih dekat. Banyak dari kita yang hanya mengetahuinya sebagai suatu tempat di kawasan Sumatera. Benar, Sabang memang terletak di sebelah utara Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Sabang terdiri dari beberapa pulau, baik pulau kecil maupun pulau besar. Ada lima pulau yang termasuk dalam wilayah Sabang yaitu Pulau Weh yang merupakan pulau terbesar dari keempat pulau lainnya, Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo yang terletak di titik paling utara Indonesia. Kota Sabang sendiri terletak di Pulau Weh, dimana lokasinya dekat dengan Aceh dan hanya dipisahkan oleh Selat Benggala. Sabang memiliki topografi semacam dataran rendah yang bergelombang, berbukit – bukit  dan bergunung – gunung. Selain itu juga dikelilingi pantai dengan batu- batuannya.  Pada saat bencana tsunami yang sangat dahsyat melanda Aceh tahun 2004 yang lalu, Sabang dapat selamat dari tsunami tersebut karena memiliki palung – palung yang sangat dalam di Teluk Sabang.
Tempat menarik di Sabang yang bisa dituju untuk wisata
Banyak tempat di Sabang yang bisa dituju untuk wisata. Jika Pontianak memiliki Tugu Katulistiwa sebagai tanda bahwa wilayahnya dilalui oleh garis ekuator, maka Sabang memiliki Tugu “0” Kilometer sebagai tanda bahwa Sabang merupakan wilayah di ujung paling barat Indonesia, yang merupakan dasar istilah “ Dari Sabang Sampai Merauke”. Selain itu, Sabang juga memiliki kekayaan alam pantai yang indah beserta biota lautnya yang mempesona. Terumbu karang alami, pemandangan alam bawah laut, maupun pesisir pantai yang indah merupakan surga bagi para wisatawan. Di Pulau Weh sendiri, terdapat danau air tawar yang bernama Danau Aneuk Laot yang tak kalah indahnya dengan Danau Toba di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Yang terbaru dari Sabang adalah dengan ditemukannya Batu Gendang tahun 2013 lalu yang menjadi objek wisata terbaru di Sabang. Batu Gendang sendiri terletak di hutan Gampong Iboih (Kecamatan Sukakarya). Batu Gendang merupakan benda yang bisa menimbulkan bunyi mirip suara gendang yang ditabuh saat orang memukulnya. Objek Wisata ini memang sedikit unik dan cukup mengundang banyak peminat untuk melihatnya.

Nah, semua wilayah Indonesia itu indah dengan karakteristik masing – masing. Begitu halnya dengan Sabang yang memiliki keistimewaan tersendiri yang pastinya berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya. Bagaimana? Apakah anda tertarik pergi ke Sabang?

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates