Social Icons

Wednesday, August 6, 2014

Tips Berwisata ke Sabang

Jika Anda memiliki rencana liburan yang seru dan tak terlupakan, Sabang bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Agar perjalanan wisata Anda ke kota paling Barat di Indonesia tersebut lancar dan menyenangkan, akan sangat baik untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang tips-tips berguna. Selain menyiapkan segala sesuatu yang perlu dibawa, informasi tentang sarana transportasi dan tempat menginap disana perlu dicari tahu.
·         Transportasi
Meski terletak di ujung barat Indonesia, akses transportasi ke kota Sabang tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Anda perlu menuju pelabuhan Ulee Lheue dengan taksi. Agar biaya transportasinya lebih murah, Anda bisa mengajak wisatawan lain berangkat dengan satu taksi. Sedangkan dari pelabuhan, Anda bisa memilih kapal Ekpress atau kapal Ferry, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Jika Anda ingin cepat sampai ke tujuan, Anda bisa menggunakan kapal Ekpress yang hanya bisa mengangkut penumpang dan barang. Tarif untuk kapal Ekspress berkisar antara Rp.65.000 hingga Rp.85.000, tergantung pada jenis kapal dan kelas yang Anda pilih. Sedangkan kapal Ferry akan sesuai untuk Anda yang touring menggunakan kendaraan pribadi, karena bisa mengangkut penumpang, kendaraan dan barang. Anda juga hanya perlu membayar sekitar Rp25.000-Rp45.000.
Anda juga perlu mencari tahu tentang jadwal keberangkatan. Jadwal kapal Ekspress bisa berbeda tergantung pada rute yang ditempuh, apakah Ulee Lheue-Balohan atau Balohan-Ulee Lheue. Kapal yang bisa Anda gunakan tergantung pada waktu Anda tiba di pelabuhan. Untuk Ferry, hanya ada satu jenis kapal yang tersedia, dan Anda perlu mengikuti jadwal keberangkatan yang disediakan kapal, yang berbeda setiap harinya.
Setelah sampai di Sabang, Anda perlu berhati-hati saat negosiasi harga dan jenis mobil yang digunakan agar tidak terkena harga sewa kendaraan yang diluar nalar. Akan lebih baik untuk melakukan persetujuan terlebih dahulu melalui email atau SMS, sehingga si penyewa mobil tidak seenaknya mengganti harga dan jenis mobil saat akan digunakan. Agar lebih murah, akan lebih baik jika Anda berwisata bersama rombongan yang memiliki tujuan wisata yang sama.
·         Penginapan
Untuk masalah akomodasi, Anda juga tidak perlu khawatir karena fasilitas penginapan di Sabang sudah memadai. Anda bisa memilih menginap di pusat kota agar bisa lebih mudah menjangkau objek wisata di sana. Jika tidak, Anda juga bisa langsung menuju ke objek wisata karena masing-masing telah memiliki penginapan. Fasilitas standart seperti tempat tidur, restoran, AC dan bahkan internet sudah tersedia di penginapan-penginapan di Sabang.

Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp.80.000 hingga Rp1.000.000 tergantung dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia dan jenis kamar yang Anda sewa. Saat low-season, Anda memang tidak perlu terlalu pusing mencari informasi kamar yang tersedia. Anda bisa memesan kamar sewaktu-waktu. Tapi saat high-season saat liburan sekolah, Anda perlu mencari informasi ketersediaan kamar di penginapan-penginapan yang ada di Sabang agar bisa mendapat jenis kamar yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates