Social Icons

Monday, August 18, 2014

Kuliner Maknyus Setelah Jalan-Jalan Sepanjang Pantai Sabang

Berwisata ke Pulau Weh atau yang lebih terkenal dengan nama Sabang pastinya tidak akan mengecewakan, terutama bagi mereka yang sangat menyukai laut. Objek wisata pantai dan taman lautnya sudah professional dan panorama yang diberikannya pun begitu indah tak terlupakan. Tak kalah dari pantai-pantai di Bali, Lombok, atau Bunaken. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Selain itu, Sabang juga merupakan salah satu perbatasan negeri ini di mana ada tugu bernama km nol yang menunjukkan bahwa di tepat di tempat tersebut, terletak km nol (KM 0). Setelah menikmati jalan-jalan yang menarik di pulau ini, tentu Anda tak boleh dan tak mungkin lupa untuk berwisata kuliner. Ada cukup banyak jenis makanan yang khas Sabang dan tak dijual di daerah lainnya. Berikut beberapa ulasannya.
Sate Gurita dan Mie Jalak
Sate Gurita
Yang pertama harus diketahui oleh Andalan adalah tempat di mana Anda bisa mendapatkan berbagai macam makanan menakjubkan milik Sabang. Ada yang namanya Jalan Perdagangan atau Pasar Sabang. Toko-toko souvenir atau oleh-oleh juga pastinya menyediakan oleh-oleh berupa makanan yang bisa banyak Anda temukan di sana. Tempat makan dan beberapa restoran pun banyak membuka jenis makanan sea food khas Sabang.
Makanan pertama yang perlu Anda ketahui adalah sate gurita. Sesuai namanya, kita bisa menyantap gurita dalam bentuk sate dengan bumbu kacang atau padang. Sate ini cukup berbeda karena bumbunya sangat meresap dan guritanya dimasak sampai lembut. Bagi mereka penyuka sea food, rasanya Sabang bisa dibilang menjadi rajanya. Tempat yang menyediakan sate gurita biasanya juga akan menyediakan beragam makanan sea food lainnya seperti nasi goreng sea food, dan mie kepiting. Ada pula yang namanya mie jalak. Mie ini merupakan salah satu hidangan khas dan memang merupakan hidangan dasar atau hidangan lama milik warga Sabang.
Mie Pulau Baru
Selanjutnya ada yang sering sekali dicari turis dari  negeri sendiri dan berbagai negara yang datang. Inilah mie sedap. Mie sedap yang ini bukan nama jenis mie instan, tetapi mie yang paling terkenal di Sabang. Agar tak tertukar, mie ini juga mering disebut dengan mie pulau baru. Penjual mie ini terletak di Jalan Perdagangan dan buka dari pukul 11 hingga pukul 4 sore. Masalahnya, Anda perlu memiliki kesabaran yang besar untuk mendapatkan mie ini. setiap hari, antriannya saja bisa bermeter-meter. Selain itu, mie ini juga dibuat eksklusif. Jadi, apabila sesudah mengantri, Anda kehabisan, jangan marah, kesal, dan kecewa. Untuk mengetahuinya kelezatan rasanya, coba saja langsung sendiri.
Buah Tangan Khas
Untuk buah tangan alias oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, jenis makanan yang menarik dari Sabang adalah bakpia dan salak sabang. Bakpia khas Sabang ini terkenal dengan rasanya yang enak, gurih di luar dan lembut di dalam. Sedangkan salak Sabang berukuran lebih kecil daripada salak biasa, namun rasanya tak kalah. Selain itu, Sabang juga terkenal dengan aguan atau kacang hijaunya.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates