Social Icons

Thursday, November 20, 2014

Kunjungan Kapal Pesiar ke sabang

Wisatawan Kapal Pesiar di Kota Sabang
Setelah pemerintah menetapkan Kota Sabang sebagai salah satu tujuan wisata lokal, kota ini semakin ramai dikunjungi orang. Mereka yang datang bukan hanya berasal dari Indonesia melainkan juga merupakan wisatawan luar negeri. Dan setiap tahun hampir bisa dipastikan bukan hanya sekelompok wisatawan yang mengunjungi kota Sabang melainkan sejumlah kapal pesiar juga menyempatkan diri berkunjung ke kota Sabang.
Posisi Strategis Kota Sabang
Kota Sabang adalah satu dari sekian banyak kota yang berada dalam naungan Aceh. Kota Sabang terdiri dari beberapa pulau yang letaknya di seberang utara pulau Sumatera. Salah satu pulau terbesar yang menghuni kota Sabang adalah pulau Weh. Posisi pulau Weh sangat strategis yakni di ujung selat Malaka. Kota Sabang sendiri posisinya berada dalam kepungan selat Malaka di utara, samudera Hindia di selatan, selat Malaka di Timur dan samudera hindia di Barat.
Hal inilah yang membuat pelabuhan yang dimiliki kota Sabang menjadi tempat yang strategis sebagai singgahnya kapal-kapal pesiar asing yang sedang melakukan pelayaran keliling dunia. Selain itu status pelabuhan kota Sabang yang merupakan pelabuhan bebas, dan ditetapkan sebagi zona ekonomis bebas Indonesia membuat pelabuhan kota Sabang sibuk melayani hilir mudik kapal pesiar para turis dari mancanegara.

Kapal Pesiar Asing di Sabang
Letak kota Sabang yang sangat strategis dalam lalu lintas pelayaran kapal-kapal, membuat kota Sabang seringkali disinggahi oleh kapal pesiar asing. Menurut data yang dipaparkan oleh pemerintah kota Sabang, semakin tahun jumlah kunjungan kapal pesiar asing yang datang ke kota Sabang terus bertambah. Dan biasanya kunjungan kapal pesiar ini bukannya tanpa membawa apapun melainkan membawa rombongan wisatawan mancanegara yang siap melakukan petualangan di kota Sabang.
Biasanya kapal pesiar yang paling singgah di kota Sabang adalah kapal pesiar dari Eropa namun tidak menutup kemungkinan kapal pesiar dari asia juga berkunjung ke kota Sabang. Kunjungan kapal pesiar ini dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk memasarkan berbagai macam kekayaan yang ada di kota Sabang. Dari mulai souvenir sampai dengan kuliner khas kota Sabang yang siap memanjakan lidah para wisatawan asing ini. Biasanya para wisatawan asing ini sangat menyukai budaya-budaya yang ditawarkan kota Sabang seperti souvenir khas kota Sabang, tempat-tempat wisata di kota Sabang dan juga kekayaan kuliner yang dimiliki oleh kota Sabang.

Kedatangan turis asing ini akan disambut dengan beberapa tarian khas daerah Aceh. Biasanya mereka akan langsung melakukan perjalanan berkeliling kota Sabang menggunakan mobil atau sekedar berkeliling dengan becak dan bahkan ada juga yang lebih memilih jalan kaki. Mereka akan menyusuri keindahan kota Sabang dan semua ciri khas kota Sabang yang bisa mereka dapati sepanjang jalan. Selain itu biasanya para wisatawan asing ini singgah dalam rangka menikmati kekayaan laut kota Sabang yang terkenal dengan panorama bawah lautnya yang sangat memukau.

Ditahun 2013 jumlah kapal pesiar yang datang ke pelabuhan di Kota Sabang bertambah lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga peluang ini dijadikan pemerintah kota Sabang sebagai ajang promosi kota Sabang ke wisatawan asing yang diangkut oleh kapal pesiar asing. Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Sabang adalah ikut berpartisipasi dalam Pekan Kebudayaan Aceh tahun 2013 yang diselenggarakan di kota Banda Aceh. Hal ini dimaksudkan agar pekan budaya yang diikuti pemerintah kota Sabang tersebut menjadi ajang promosi bagi kota Sabang di mata nasional dan internasional.



No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates