Social Icons

Sunday, March 9, 2014

Kondisi Kependudukan dan Struktur Sosial Kota Sabang

Kondisi kependudukan Kota Sabang beserta struktur sosialnya, meliputi tinjauan terhadap jumlah dan distribusi penduduk, kepadatan dan tingkat pertumbuhan penduduk, struktur penduduk menurut umur dan jenis kelamin, serta mata pencariannya, akan diuraikan dalam pembahasan berikut ini.
a.       Jumlah, Distribusi, dan Struktur Penduduk
Penduduk Kota Sabang pada tahun 2003 berjumlah 26.505 jiwa (data BPS) dengan penyebaran yang tidak merata di 2 daerah kecamatan. Kecamatan yang memiliki
jumlah penduduk terbesar adalah Kecamatan Sukakarya dengan jumlah penduduk 14.157 jiwa, atau 53,413 % dari total jumlah penduduk, yang terdiri atas 7.194 laki-laki dan 6.963 perempuan. Sementara itu jumlah penduduk terkecil yaitu Kecamatan Sukajaya yang berjumlah 12.348 jiwa, atau 46,587 % dari jumlah penduduk secara keseluruhan, yang terdiri dari 6.385 laki-laki dan 5.963 perempuan.
b.       Kepadatan Penduduk
Bila ditinjau dari aspek kepadatan penduduk, Kecamatan Sukakarya juga menduduki peringkat teratas daerah paling padat penduduknya yaitu berkisar pada 243 jiwa/Km2. Angka ini jauh lebih tinggi dari angka kepadatan penduduk rata-rata Kota Sabang yang berkisar pada 217 jiwa/Km2. Sedangkan daerah Kecamatan Sukajaya angka kepadatan penduduknya sedikit lebih rendah, yaitu  sekitar 193 jiwa/Km2.
c.       Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk pada daerah ini, berdasarkan data Tahun 2001 sampai Tahun 2003 mencapai angka 8,89 % dengan pertumbuhan rata-rata 4,44 %. Dapat dilihat bahwa secara rata-rata pertumbuhan penduduk Kota Sabang adalah positif, walaupun dengan tingkat pertumbuhan yang relatif kecil. Angka pertumbuhan penduduk Kota Sabang meningkat relatif lebih cepat pada tahun-tahun terakhir ini, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Fenomena ini diperkirakan karena kebijaksanaan pemberlakuan daerah ini sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.
d.       Distribusi Penduduk menurut Mata Pencarian
Tinjauan terhadap lapangan usaha penduduk Kota Sabang memperlihatkan bahwa sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian dan instansi milik pemerintah atau swasta, dengan dominasi di sektor pertanian. Penduduk bermatapencarian di sektor pertanian adalah sebesar 32.74 % dari total jumlah penduduk. Sementara, jumlah pekerja pada instansi milik pemerintah dan swasta adalah sebesar 29.42 % dari jumlah penduduk secara keseluruhan. Jenis usaha lainnya yang dominan adalah pada sektor perdagangan, yakni berjumlah 421 orang, buruh berjumlah 437 orang, dan jasa 401 orang.
Data mengenai kondisi kependudukan Kota Sabang ini diperoleh dari literatur Sabang dalam Angka, tahun 2001 dan 2003, yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik. 

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates